SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Sejarah

YA BAKII adalah kependekan dari Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah. Pada awal tahun 1971 atas desakan dari Pengurus, Kepala-Kepala Madrasah dan Tokoh Pondok Pesantren serta Tokoh masyarakat sekitar Kecamatan Kesugihan untuk mendirikan Yayasan yang mengadakan kegiatan dalam pembinaan lembaga-lembaga Pendidikan formal, keagamaan dan sosial. Hal ini dilandasi atas kebutuhan yang mendesak yaitu untuk menyatukan kegiatan atau pendidikan serta sedapat mungkin membantu dan menyantuninya.
Di antara tokoh tersebut yang telah berjasa mendirilan yayasan, antara lain :

  1. KH, Achmad Mustholih Badawi
  2. Kiyai Saefulloh Muhsin
  3. Kiyai Chasbulloh Badawi
  4. Maknun
  5. Kiyai Thoha Siswoyo
  6. Hasbi Idris
  7. Kiyai. Sururudin
  8. Kiyai. Abu Tholib
  9. Kiyai. Adzkiya
  10. Abdul Qodir
  11. Ahmadi Wahab
  12. Sarjan
  13. Chamami Abdussalam

Atas desakan itulah, maka lahirlah Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah (Ya BAKII) pada tanggal 11 Desember 1971 dengan Akta Notaris Soetardjo Somoatmodjo Nomor . 6.

Dengan berdirinya Yayasan tersebut yang menangani 16 SDI/MII, SMP BAKTI dan 5 Pondok Pesantren, maka semuanya Iqror bersama dan melebur nama-namanya menjadi SDI/MII Ya BAKII, sehingga sejak berdirinya yayasan secara resmi, maka lembaga di bawah naungnan YA BAKII dapat memenuhi ketentuan pemerintah yaitu ; “Setiap lembaga pendidikan swasta agar dikelola oleh Yayasan atau lembaga yang berbadan hukum”